Disdik Kabupaten Bogor Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi KUM Minimal Mampu Baca Tiga Kalimat Dasar

Disdik Kabupaten Bogor Gelar Pelatihan Peningkatan Kompetensi KUM Minimal Mampu Baca Tiga Kalimat Dasar




Sebanyak 40 tutor program Keaksaraan Usaha Mandiri (KUM) mengikuti kegiatan pelatihan


 peningkatan kompetensi yang dilaksanakan Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bogor hari ini. Pelatihan ini merupakan tahap lanjut dari kegiatan serupa yang dilaksanakan beberapa waktu lalu. “Kegiatannya akan dilakukan disalah satu hotel di bilangan Jalan Raya Puncak, Kecamatan Megamendung selama tiga hari,” kata Kepala Seksi GTK PNF Disdik Kabupaten Bogor, Dadang Sujana.

Menurutnya, materi pelatihan akan meliputi penguatan karakter komptensi membaca menghitung 

(Calistung) bagi para warga belajar hingga pemahaman andragogig. “KUM merupakan tahapan lanjut dari Keaksaraan Fungsional (KF). Dimana dalam proses pembelajarannya, warga belajar sudah harus mengenal dan mampu membaca minimal tiga kalimat dasar,” imbuhnya.

Ia menambahkan, kendala yang ditemui dalam penerapan KUM, berupa lemahnya tingkat kesadaran 

dari warga belajar hasil ouput KF. “Hal ini disebabkan rata-rata warga belajar output dari KF,sudah berusia non produktif yakni sekitar 40-60 tahun,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan GTK Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor, Asep A Sudrajat berharap, produk ini bisa menjadi mata pencaharian sampingan warga belajar. Karena, program KUM menghasilkan produk industri mikro masyarakat. “Tentu saja ini semua memiliki nilai jual dan kami berharap KUM bisa difaslitasi SKPD seperti Diskoperindag atau UMKM daerah. Demi menyokong kesejahteraan masyarkat kecil,” tutupnya.


Baca Juga :