Pergunu Perkuat Kompetensi Guru

Pergunu Perkuat Kompetensi Guru


 Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu), terus meningkatkan kualitas dan kompetensi guru dengan tiga program strategis, yakni pemberian beasiswa kuliah kepada guru, membentuk unit training of Trainer (TOT) dan membentuk lembaga sertifikasi prosesi (LSP).

Demikian dikatakan  Wakil Ketua Pimpinan Pusat Pergunu, Aris Adi Leksono dalam acara buka

 bersama yang dihelat oleh PC Pergunu Kota Bekasi di aula NU Centre Kota Bekasi.  Selain buka bersama, ada beberapa kegiatan dalam rangkaian acara tersebut yakni talk show Ramadhan di radio R-BAMA, Kajian Ramadhan dan Tausyiah Ramadhan yang diikuti oleh 50 peserta dari unsur pelajar, mahasiswa, guru dan dosen.
“Ini yang sekarang berjalan bekerjasama dg IKHAC Mojokerto, UNUSIA Jakarta, UNINUS Bandung dan UNPAS Bandung, kedepan kita akan coba jajaki kerjasama dengan Perguruan Tinggi lainnya seperti UIN Bandung, UPI Bandung, UBSI Bandung, dan yang lainnya,” ujar Aris.
Menurut nya, Pergunu sedang menjalankan tiga program strategis yakni memberikan beasiswa kepada guru pada jenjang s1,s2 maupun s3. Aris mengaku,  pihaknya telah membentuk unit Training of Trainer (TOT) yang secara intens akan memberikan pelatihan kepada guru-guru NU agar menjadi trainer disekolah dan wilayahnya masing-masing.

Selain itu,  PERGUNU membentuk Lembaga Sertifikasi Profesi

 (LSP) sebagai sarana bagi guru-guru NU untuk mengikuti berbagai pelatihan dan sertifikasi profesi sesuai dengan bidangnya.
“Inilah  Jawaban Pergunu akan Tantangan Jaman di era disruptif ini, juga sebagai bentuk komitmen Pergunu atas program Indonesia Kompeten yang digagas Presiden Joko Widodo sebagai langkah percepatan peningkatan kompetensi dan percepatan sertifikasi. Satu lagi saat ini yang sedang Pergunu Perjuangkan adalah mendesak pemerintah untuk membentuk badan atau semacam komisi yang menangani perlindungan guru secara pasti,” Imbuhnya.

Sementara itu ditempat yang sama, dewan pakar Pergunu Kota Bekasi

, Ayi Nurdin menjelaskan peran penting Pergunu yakni menjadi bagian dalam mempertahankan islam Ahlus Sunnah wal jama’ah di lingkungan pendidikan termasuk membendung fundamentalisme dan radikalisme di sekolah-sekolah.
Pergunu sebagai organisasi profesi menurut Ayi, bertanggung jawab meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) nya, peningkatan kesejahteraan guru dan meningkatkan spiritualitas guru.


Sumber :
https://www.caramudahbelajarbahasainggris.net/