Curug Sawer: sejarah, tiket masuk, lokasi

 Provinsi Jawa Barat memang juara wisata alam. Di Sundaland ini kita bisa menemukan hampir semua kemungkinan wisata alam. Curug Sawer hanyalah salah satunya.

Curug Sawer: sejarah, tiket masuk, lokasi


Air terjun ini masih terlihat sangat alami. Hal ini terlihat pada bentang alamnya yang berupa hutan lebat. Tidak banyak fasilitas wisata yang bisa dilihat di sini.



 

Pengunjung air terjun ini juga masih tergolong sepi, menandakan belum banyak orang yang mengetahui tempat wisata alam ini.


Sekilas tentang Air Terjun Sawer


Air terjun ini terletak di Lembah Cilengkrang di salah satu sisi kaki Gunung Ciremai. Tempat ini berada di ketinggian 900 meter di atas permukaan laut. Sedangkan air terjunnya sendiri menjulang setinggi 70 meter.

Daerah sekitarnya merupakan habitat satwa langka yaitu elang jawa yang memiliki nama latin Spizaetus bartelsi. Tempat ini juga menjadi habitat pohon Jamuju yang juga masuk dalam daftar tumbuhan langka.

Sekitar 1 km dari tempat tersebut terdapat dua buah air terjun yang bernama Curug Sabuk dan Curug Kembar. Keduanya kerap dihebohkan pengunjung dengan melihat keindahan Air Terjun Sawer.
Biaya masuk Air Terjun Sawer

Atraksi Air Terjun Sawer

Tempat wisata Cirebon yang terkenal ini masih sangat alami dan cenderung sulit untuk diakses. Meski begitu, masih banyak pengunjung, terutama pecinta alam, yang penasaran dengan keindahan tempat ini.

Untuk melihat keindahan air terjun, pengunjung tidak perlu membeli tiket mahal. Berikut harga tiket yang harus dibeli sebelum memasuki kawasan air terjun:
Pembalasan Tarif
Tiket masuk Rp 4.000.00

Harga tiket di atas tentunya dapat berubah sewaktu-waktu: menyesuaikan dengan kebijakan pengelola.

Potensi kenaikan harga tiket umumnya terjadi saat peak season dan akhir pekan. Karena jumlah pengunjung akan jauh lebih banyak dibandingkan jumlah kunjungan di hari biasa.
Atraksi Air Terjun Sawer

Air terjun Sawyer

Keindahan air terjun dan alam sekitarnya tentu menjadi daya tarik dari setiap objek wisata semacam ini. Grojogan Sewu, Sri Gethuk, dll hanyalah beberapa contoh. Sama halnya dengan air terjun ini.

Atraksi lain yang bisa Anda nikmati selama berada di tempat ini adalah kegiatan camping.

Dan tentunya wisata kuliner di warung-warung di sekitar air terjun juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.
Pesona Curug dan alam sekitarnya

Bayangkan ketika Anda tiba di tempat tersebut Anda bisa langsung melihat air terjun yang jatuh di bebatuan. Air kemudian mengalir di antara bebatuan menuju kolam alami di bawah air terjun.

Dengarkan deru air terjun yang keras namun menenangkan. Rasakan dinginnya cipratan air terjun yang menerpa wajah atau tubuh Anda. dingin dingin.

Mata Anda juga akan dimanjakan dengan lingkungan yang alami dan asri. Anda benar-benar merasa di rumah ketika Anda tinggal di tempat seperti ini untuk waktu yang lama.
berkemah

Berkemah adalah pilihan terbaik bagi Anda yang ingin tinggal lebih lama atau dekat dengan air terjun. Selain Buper Cilengkrang, ada beberapa tempat yang cukup memadai untuk berkemah.

Jangan lupa membawa perbekalan yang cukup terutama Logistik dan makanan khas Cirebon yang memiliki umur simpan dan dapat dihangatkan kembali untuk dimakan nanti. Berkemah tentu akan terasa lebih nyaman kali ini.
Wisata kuliner

Meski jumlahnya tidak banyak, air terjun kawasan Kuningan ini telah dilengkapi dengan warung makan yang menjual makanan dan minuman. Selain itu, ada juga hidangan pelengkap seperti Kerupuk Rambak Cirebon.

Kerupuk rambak ini bisa anda jadikan sebagai oleh-oleh khas Cirebon. Rasa gurih dan asinnya pasti akan menjadi favorit rumah tangga.
Fasilitas di Curug Sawer

Tempat wisata ini memiliki beberapa fasilitas yang dibangun untuk menunjang kenyamanan pengunjungnya. Misalnya, Anda dapat menemukan penjaga di dekat air terjun.

Kemudian ada tempat parkir untuk motor dan mobil. Ada juga gubuk bagi pengunjung untuk beristirahat.

Mushola dan tempat wudhu tersedia bagi pengunjung yang ingin salat. Fasilitas terakhir adalah toilet, biasanya disertai dengan kotak pembayaran.
Lokasi dan rute menuju Curug Sawer

Jembatan Air Terjun Sawer

Air terjun ini terletak di sebelah barat Desa Pejambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan, Provinsi Jawa Barat.

Dari Cirebon, Anda bisa memulai perjalanan dengan tujuan desa Kelapa Gunung kemudian melanjutkan lagi ke desa Pejambon tepatnya menuju lembah Cilengkrang atau Cil


LIHAT JUGA :

paket liburan keluarga

Rental Mobil Jogja