Modem adalah: definisi, fungsi, jenis, mode operasi, komponen

 definisi modem
Baca cepat Buka

Modem adalah alat yang digunakan untuk mengakses internet atau signaling agar dapat terkoneksi dengan internet dan termasuk dalam alat komunikasi yang berfungsi sebagai alat komunikasi dua arah agar komputer/perangkat mobile dapat lebih menerima jaringan internet . Secara umum modem adalah singkatan dari modulator demodulator. Modulator berfungsi sebagai pengubah sinyal informasi yang akan digunakan sebagai sinyal pembawa data yang siap dikirim, sedangkan demodulator adalah bagian yang memisahkan sinyal informasi dari sinyal pembawa agar dapat diterima dengan baik.
Fungsi modem



Di bawah ini adalah beberapa fitur modem, antara lain:


    Salah satu alat perantara yang digunakan untuk menghubungkan perangkat komputasi ke jaringan internet.
    Sebagai alat komunikasi dua arah yang mengubah sinyal digital menjadi sinyal analog
    Bagaimana menghubungkan perangkat dalam jaringan
    Untuk mengompresi data yang dikirim melalui sinyal
    Lakukan proses modulasi dan demodulasi

Jenis-jenis modem


Ada beberapa jenis modem, antara lain:
Baca Selengkapnya: Kerajaan Banten

1. Modem eksternal

Modem eksternal adalah jenis modem yang digunakan komputer untuk mengakses Internet. Data yang berasal dari komputer dalam bentuk sinyal digital diubah menjadi sinyal analog. Jika modem menerima data dalam bentuk sinyal analog, diubah menjadi sinyal digital untuk diproses lebih lanjut oleh komputer.
2. Modem internal

Modem internal adalah jenis modem yang dipasang secara internal yang mengubah sinyal analog yang masuk menjadi sinyal digital dan mengirimkannya langsung ke komputer.
3. Modem ISDN

Modem ISDN atau Integrated Service Digital Network adalah sistem telekomunikasi yang beroperasi dalam bentuk suara, data dan gambar yang kemudian diintegrasikan ke dalam suatu jaringan. Jaringan ini menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk mendukung jangkauan layanan yang lebih luas.
4. Modem GSM

Modem GSM adalah jenis modem yang digunakan telepon seluler sebagai media transmisi data. Biasanya modem jenis ini didukung dengan menggunakan kartu koneksi dari provider dengan kemampuan GSM.
5. Modem analog

Modem analog adalah modem yang memiliki fungsi sebagai alat yang mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital.


6. Modem ADSL

Modem ADSL, atau Asymmetric Digital Subscribe Line, adalah jenis modem untuk mengakses Internet saat menggunakan telepon analog. Dalam penggunaannya dibantu dengan koneksi perangkat seperti splitter. Fungsi splitter adalah untuk menghilangkan interferensi sehingga dapat berjalan bersamaan yaitu untuk penggunaan internet dan telepon biasa. Tapi mereka tidak saling bertabrakan.
7. Modem kabel

Modem kabel adalah jenis modem yang digunakan untuk menerima data langsung dari penyedia layanan seperti televisi kabel.
8. Modem nirkabel

Modem nirkabel adalah modem yang menggunakan media gelombang cahaya tertentu seperti infra merah pada remote control TV atau gelombang radio pada frekuensi tertentu untuk bertukar data.
Baca lebih lanjut: Manajemen Inventaris Adalah

9. Modem CDMA


Modem CDMA adalah jenis modem yang menggunakan frekuensi CDMA 1x atau CDMA 800 MHz. Pada modem CDMA jenis terbaru, frekuensi EVDO Rev-A sesuai dengan 3G.
Cara kerja modem

Pertama, frekuensi sinyal digital yang dikirim oleh komputer terlebih dahulu diubah menjadi sinyal analog oleh modem kemudian ditransmisikan melalui kabel telepon yang ditransmisikan ke komputer lain dan sebaliknya ketika komputer terhubung ke kabel telepon yang dikirim pada internet sebagai komputer data. Setelah itu, data digital diubah oleh modem menjadi data analog yang dikirim melalui kabel telepon (atau lainnya). Ketika data telah dialamatkan, modem mengubahnya kembali menjadi data digital dalam bentuk data analog. Hal ini juga berlaku saat mendownload data dalam bentuk analog, sehingga dapat ditampilkan, modem mengubahnya menjadi digital. Melalui proses seperti itu, Internet dapat berinteraksi dengan baik satu sama lain di seluruh dunia.

 


 


Komponen modem

Komponen penting dari modem antara lain:
1. Kartu antarmuka jaringan

NIC bertindak sebagai penghubung antar komputer. Setelah memasang kartu, pasang kabel jaringan pada NIC agar dapat terhubung dari satu komputer ke komputer lainnya.
2. Pengulang

Komponen ini digunakan sebagai penguat sinyal digital. Sehingga kekuatan sinyal meningkat ketika sinyal diterima. Repeater juga digunakan sebagai penghubung antara media yang berbeda selama metode aksesnya sama.
HUB ke-3

Sebagai komponen perangkat keras yang menghubungkan ke komputer atau sebagai jaringan pusat yang berguna untuk menghubungkan kabel


 

Lihat Juga :

https://liga-indonesia.id/
https://www.bolt.id/
https://beautynesiablog.id/
https://psyline.id/
https://creasi.co.id/
https://www.i4startup.id/
https://mandiriecash.co.id/
https://excite.co.id/
https://officialjimbreuer.com/
https://rollingstone.co.id/